LIVENTV

Presiden Ajukan Tiga Nama Calon Pengganti Deputy BI Perry Warjiyo

ArtCreator Ekonomi Keuangan 6 bulan lalu

NUSANTARATV.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan tiga nama calon Deputi Gubernur BI ke DPR Senin (29/1/2018) sore. Mereka akan menggantikan Perry Warjiyo yang akan memasuki purna tugas pada April 2018 ini.

Setelah masuk ke DPR, surat presiden akan dibahas terlebih dahulu di Badan Musyawarah sebelum dibacakan dalam sidang paripurna. Kemudian, surat akan diserahkan kepada Komisi XI atau komisi keuangan selaku mitra Bank Indonesia. 

Komisi XI yang nantinya menentukan waktu uji kepatutan dan kelayakan terhadap tiga nama calon dari Presiden Jokowi. Proses dilakukan sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2009. 

Setelah tahap uji selesai, satu nama yang disetujui akan dibawa dalam sidang paripurna dan akan diangkat serta ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres).

"Tiga calon, Dody Waluyo, Doddy Zulverdi, dan Wiwik Sisto adalah orang yang punya pengalaman di moneter. Kami pilih sesuai kebutuhan dan seprofesional mungkin, tidak ada politik praktis," kata Anggota Komisi XI DPR RI Johnny G Plate seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Saat ini Dody Budi Waluyo menjabat sebagai Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter. Kemudian Doddy Zulverdi saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter. Adapun Wiwiek Sisto Hidayat saat ini menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat.

Menurut Johnny, nama-nama yang dikirimkan Presiden tersebut masuk ke Pimpinan DPR. Kemudian, dilaporkan di rapat paripurna dan dilanjutkan ke Badan Musyawarah (Bamus).Jika sudah sampai ke Bamus, barulah Komisi XI menjadwalkan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).  

"Sampai saat ini nama-nama itu belum dibawa ke rapat paripurna sehingga belum ada jadwal fit and proper test," sebut dia. Johnny memerkirakan tak butuh waktu lama untuk uji kepatutan dan kelayakan. Maksimal lanjut dia, hanya dua hari lantaran jumlah calon tak banyak.

SHARE ON FACEBOOK

JANGAN LEWATKAN

NEWS FEED