LIVENTV
junk food

5 Alasan Kuat Kita Sebaiknya Hindari Junk Food

Yanto Health Informasi 13 hari lalu

Nusantaratv.com - Junk food merupakan istilah untuk jenis makanan  dengan kandungan gizi sedikit dan disajikan secara praktis. Kita sering kali hanya mengkategorikan junk food pada menu makanan di restoran cepat saji, padahal sebenarnya junk food juga ditujukan untuk makanan dan minuman yang tinggi kandungan kalori, garam, lemak, tapi minim vitamin, serat, dan mineral.

 

Junk food sering menjadi makanan favorit berbagai kalangan. Selain makanan di restoran cepat saji, junk food yang biasa kita temui sehari-hari adalah mi instan, nugget, dan makanan beku siap saji lainnya.

Meskipun lezat dan praktis, kita tidak boleh terlalu sering mengonsumsi, bahkan kalau bisa menghindari, junk food. Ini karena junk food dapat memberi dampak buruk pada tubuh kita. Berikut lima alasan sehat kita sebaiknya menghindari junk food.

1. Kandungan lemak jenuhnya tinggi

photo source: https://blog.fitbit.com

Inspirator pasti sering mendengar istilah lemak jenuh, bukan? Ya, junk food memiliki kandungan lemak jenuh tinggi, sehingga tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan potensi penyakit jantung, stroke jantung, hingga obesitas, lho! Yuk, mulai pilih dan pilah makanan kita mulai sekarang.

2. Gizinya tidak seimbang

photo source: https://meetdoctor.com

Siapa coba, yang tidak suka hot dog, ayam goreng, kentang goreng, dan burger? Deretan makanan terebut bisa dibilang menjadi alternatif pengisi perut favorit banyak orang.

Tetapi, tahukah kamu bahwa junk food umumnya hanya mengandung lemak, karbohidrat, dan protein? Ini yang membuat kandungan gizinya tidak seimbang. Gemar memasak makanan beku ditambah kurang makan sayur dan buah mengakibatkan tubuh kita kekurangan vitamin, serat, dan zat gizi lainnya.

3. Membuat kita cepat lelah

photo source: https://dailyhealthpost.com

Kamu sering merasa cepat lelah dan kurang bersemangat dalam beraktivitas? Mungkin saja kamu terlalu banyak mengonsumsi junk food!

Masih berhubungan dengan poin di atas, junk food tidak mengandung nutrisi penting yang bertugas memelihara kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, jika tubuh kita terus menerus hanya menerima asupan dari junk food, bisa menyebabkan kelelahan kronis.

4. Meningkatkan risiko mengidap kanker

photo source: https://www.cancer.gov

Hasil penelitian European Journal of Cancer Prevention mengungkapkan, mengonsumsi junk food secara berlebihan dapat meningkatkan potensi kanker kolorektal (kanker yang tumbuh pada usus besar atau rektum). Junk food hanya mengandung sedikit serat sehingga meningkatkan risiko mengidap kanker, terutama pada sistem pencernaan.

Hasil penelitian lainnya, Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, juga mengungkapkan bahwa risiko kanker prostat dapat meningkat pada pria yang memakan junk food lebih dari dua kali dalam sebulan.

5. Sakit kepala hingga depresi

photo source: https://swhr.org

Kelezatan junk food tidak lepas dari bumbu-bumbu seperti garam, MSG, nitrat, dan pemanis buatan. Tahukah kamu, Inspirator, bahwa semua bahan tambahan itu dapat menyebabkan sakit kepala?

Jurnal Gizi Kesehatan Masyarakat mengungkapkan, makanan seperti donat, kue, burger, hot dog, dan piza kemungkinan menjadi salah satu penyebab depresi. Orang yang sering makan junk food memiliki risiko mengalami depresi 51 persen lebih tinggi daripada orang yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Setelah tahu lima alasan kuat kamu harus menghindari junk food, apakah kamu tergerak untuk mulai mengonsumsi makanan sehat? Hindari junk food dan mulailah hidup sehat, ya!

SHARE ON FACEBOOK

JANGAN LEWATKAN

NEWS FEED