LIVENTV
Buah Apel

Cara Membersihkan Lilin Yang Melapisi Buah Apel Impor

Yanto Health Informasi 13 hari lalu

Nusantaratv.com - Buah segar yang enak dan juga bermanfaat tentunya menjadi salah satu rekomendasi untuk kita yang memang ingin sekali menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Nah apel adalah salah satu jenis buah segar yang dapat di jadikan salah satu menu buah-buahan segar untuk kita konsumsi, karena memang buah apel ini selain memiliki rasa yang enak buah apel ini pun memiliki segudang manfaat. Buah apel ini bisa di manfaatkan sebagai menu makanan untuk menjaga kesehatan tubuh dan bisa di gunakan juga untuk menjaga kecantikan tubuh.

Yang menjadi pertanyaan, sehatkah jika kita mengonsumsi buah apel beserta kulitnya?

Pasalnya, masyarakat Indonesia termasuk salah satu yang gemar mengonsumsi apel beserta kulitnya. Selain terasa lebih segar dengan sensasi tekstur yang berbeda, kulit apel juga mengandung beragam manfaat.

Kulit apel kaya akan asam folat, zat besi, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng, dan beragam zat lainnya Zat-zat ini tentu sangat baik untuk tubuh, terutama bagi mereka yang mengalami anemia.

Tapi isu pelapisan lilin di permukaan kulit apel sesungguhnya bukan hanya isapan jempol belaka. Coba saja saat kamu membeli apel di pasar buah atau supermarket, keruk bagian permukaan kulitnya maka akan ada lapisan-lapisan putih yang nampak di mata pisau.

Tapi jangan berburuk sangka dulu, karena sesungguhnya pemberian lapisan lilin di kulit apel ini juga memiliki tujuan.

Pelapisan kulit buah dengan menggunakan lilin ini sudah dilakukan sejak dekade 1920an, terutama untuk buah-buahan impor.

Tujuannya adalah untuk menjaga kesegaran si buah ini sendiri, sejak mulai dipanen, dikirim, hingga dijual di toko.

Lilin ini nantinya juga akan mencegah masuknya oksigen ke dalam daging buah apel, sehingga menghambat proses pemasakan buah yang terlalu matang.

Dalam artikel yang sama juga disebutkan bahwa sebenarnya lilin pada lapisan kulit buah apel ini aman untuk dikonsumsi.

Jadi jangan bayangkan lilin yang biasa digunakan saat mati lampu dulu. Tapi sah-sah saja jika kamu merasa was-was saat mengonsumsi buah apel beserta kulitnya.

Nah, untuk itu, kamu bisa membersihkan kulit buah apel dari lilin ini dengan menggunakan 4 cara sederhana rekomendasi ahli gizi Dr. Anju Sood berikut ini.

1. Mengutip pernyataan Dr. Anju Sood dalam artikel terbitan NDTV Food, kamu bisa coba merendam apel di dalam air panas selama beberapa detik untuk mencairkan lapisan lilin.

Lalu setelah itu bilas kembali apel dengan air dingin yang mengalir.

2. Cara kedua, bisa dengan campuran sari lemon dan baking soda.

Campurkan 1 sendok makan sari lemon dan 1 sendok makan baking soda dengan air bilasan. Bilas apel menggunakan cairan ini, atau bisa juga gosok dengan sikat buah agar hasilnya lebih maksimal. Sesudah itu, kamu bisa membilasnya di bawah air mengalir.

3. Lebih praktis lagi, di cara ketiga ini kamu bisa menggunakan air bilasan ditambah campuran cuka.

Cara membersihkannya tetap sama : bilas apel dan gosok-gosok, lalu bersihkan kembali di bawah air mengalir.

4. Tak ada cuka biasa, kamu bisa menggunakan cuka apel.

Tuangkan cuka apel secukupnya pada tisu makan dan gosok-gosokkan ke permukaan kulit apel. Setelahnya, bilas menggunakan air bersih yang mengalir.

Cara-cara tadi juga bisa kamu praktikkan untuk membersihkan buah-buahan yang lain seperti pir.

Jangan paranoid lagi saat membeli apel ya! (*)

SHARE ON FACEBOOK

JANGAN LEWATKAN

NEWS FEED