LIVENTV
Pribumi Bule

Kampung Bule di Bogor, Selama 149 Generasi Memiliki Gen Putih Seperti Orang Eropa

Yanto KamuTau Fakta 11 hari lalu

Nusantaratv.com – Ketika mendengar orang bule, yang terlintas dipikiran kita pasti adalah orang berkulit putih yang tinggal di luar negeri. Eits, jangan salah, di Indonesia juga ada orang bule lho. Mereka lahir dan besar di Tanah Air, dan berkewarganegaraan Indonesia.

Orang bule yang dimaksud itu bukanlah orang bule asli, melainkan orang yang mengalami kondisi albino atau gen putih. Mereka tinggal di Desa Ciburuy, Kabupaten Bogor selama ratusan tahun.

“Kami sudah berada di sini selama 149 generasi. Keluarga saya terkenal memiliki gen putih,” kata Nana Suryana. Suryana sendiri memiliki tiga orang anak, Dewi Rasmana, Jajang Gunawan dan si bungsu yang terlahir dalam kondisi rambut dan kulit putih serta mata biru pucat.

Bukan hanya Suryana, adiknya Amas Masadi juga memiliki dua anak dalam kondisi albino. Sekitar 200 meter dari rumahnya, ada seorang perempuan bernama Entar Mariyati yang juga memiliki albinisme.

Di rumah lainnya, Nur Hayati memiliki seorang anak berusia tiga tahun, Winda yang albino. Hal inilah yang membuat desa tersebut dijuluki sebagai Walanda Sunda atau orang Sunda kulit putih.

Perbedaan ini ternyata memberikan dampak buruk dan baik kepada mereka. Dampak buruknya, anak-anak yang sekolah menjadi sasaran bully teman-teman sekolahnya karena memiliki fisik yang berbeda.

Itu yang pernah dialami oleh Rosanah (20) keponakan Suryana. Dia bahkan sampai harus berhenti sekolah karena tak tahan diganggu teman sekolahnya.

“Kadang-kadang sulit menjadi orang kulit putih. Saya sering diejek di sekolah. Saya suka kesal,” katanya.

Bukan hanya itu, albinisme juga membuat mereka mengalami risiko kanker kulit yang sangat tinggi, juga memiliki penglihatan yang buruk, mendekati kebutaan dalam beberapa kasus, dilansir dari intisari.grid.id.

Sementara dari sisi baik, mereka memiliki kulit putih dan mata indah yang tak bisa dimiliki masyarakat awam.

SHARE ON FACEBOOK

JANGAN LEWATKAN

NEWS FEED