LIVENTV
Jembatan Emas

Cầu Vàng, “Jembatan Emas” Vietnam yang Disangga Tangan Raksasa Dari Beton

Yanto Lifestyle Wisata 13 hari lalu

Nusantaratv.com - Sedikitnya selama 18 jam terakhir ini di media sosial viral foto-foto jembatan yang seolah disangga sepasang tangan raksasa yang dikutuk menjadi batu. Jembatan di Bana Hills, Vietnam, yang resmi dibuka untuk publik pada awal Juni itu dalam bahasa Vietnam diberi nama Cầu Vàng. Artinya Golden Bridge, atau Jembatan Emas.

Sepasang tangan berukuran raksasa dari beton yang terkesan dimakan cuaca ini mencuat dari sela pepohonan, menopang jembatan yang tergantung kira-kira 1.400 meter di atas permukaan laut. Struktur unik dan menakjubkan ini menyembul dari Thien Thai Garden di Ba Na Hills dan dikelilingi bunga Lobelia chrysanthemums ungu.

Golden Bridge dirancang TA Landscape Architecture. Pendiri dan ketua perancang jembatan ini, Vu Viet Anh, memberitahu AFP bahwa desain Cầu Vàng dibuat untuk memberi kesan pada pengunjung bahwa mereka berjalan dengan dipandu dewa dari batu. Jembatan sepanjang 150 m ini meliuk membelah hutan yang terletak tinggi di gunung, yang pertama kali dikembangkan penduduk baru Prancis sebagai halte perbukitan pada 1919.

Foto: Linh PHAM/AFP

Konon, Cầu Vàng adalah bagian dari proyek pembangunan senilai dua miliar dolar yang bertujuan untuk memikat wisatawan supaya mengunjungi Vietnam.

Timeless charm

Selama 10 tahun terakhir, pemerintah Vietnam sangat gencar mempromosikan destinasi wisata negaranya ke luar negeri. Hasilnya tidak mengecewakan. Vietnam mengalami pertumbuhan pariwisata yang signifikan, sehingga pada 2016 menjadi negara ketujuh di dunia dengan pertumbuhan pariwisata tercepat di dunia versi UNWTO (World Tourism Organization). Pertumbuhan pariwisata Vietnam tahun 2016 naik 24,6 persen dibandingkan tahun 2015. Bahkan, jumlah kunjungan wismannya per Juli 2017 naik lebih dari 30 persen dibandingkan periode yang sama pada 2016 (year on year). Kehadiran Cầu Vàng dipastikan menarik semakin banyak turis untuk berkunjung ke sana.

Menurut kamu, apa kelebihan pariwisata Vietnam–yang memiliki motto “Timeless Charm“–dibandingkan pariwisata Indonesia–dengan mottonya “Wonderful Indonesia“?

SHARE ON FACEBOOK

JANGAN LEWATKAN

NEWS FEED