LIVENTV
Festival

11 Festival Kebudayaan Paling Seru Di Dunia Tahun 2018

Yanto Lifestyle Wisata 10 hari lalu

Nusantaratv.com - Bagi kamu yang suka travelling tentu merambah tempat-tempat baru untuk liburan merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tapi, daripada hanya jalan-jalan di pantai lihat-lihat laut, bagaimana jika liburan ‘goals’ kamu di pertengahan tahun hingga akhir tahun kali ini adalah mengunjungi berbagai festival kebudayaan baik lokal atau luar negeri.

Festival kebudayaan adalah acara tahunan yang biasa diselenggarakan oleh satu daerah sebagai wujud pelestarian budaya, di sebuah festival kebudayaan kamu akan banyak mengetahui berbagai rangkaian acara adat yang tentunya cocok untuk dipamerkan di seluruh sosial media sebagai salah satu pengalaman liburan ‘tak terlupakan’.

Nah, cermati telah mengumpulkan berbagai festival kebudayaan unik yang bisa dijadikan sebagai referensi tujuan liburan kamu.

1. Lembah Baliem, Papua (Agustus)


Lembah Baliem via gardanasional.id

Fokus ke Indonesia lagi, kali ini festival kebudayaan ini datang dari bagian paling timur Indonesia, yaitu Papua. Festival Lembah Baliem ini adalah salah satu festival kebudayaan Indonesia yang paling menarik perhatian mata dunia. Telah dilaksanakan sejak tahun 1989, festival kebudayaan ini tentu wajib kamu kunjungi.

Rangkaian acara ini adalah adegan perang antar suku di Papua yang melambangkan kesuburan dan kesejahteraan dengan mengadu para prajurit terbaik dari masing-masing suku yang berpartisipasi. Ssst tenang aja, tidak sampai bunuh-bunuhan kok, jadi tidak perlu khawatir. Selain itu akan ada banyak atraksi budaya khas papua, karapan babi dan tari-tarian tradisional. Festival ini akan diberlansung dari tanggal 8-10 Agustus.


2. Festival Layangan Borneo, Malaysia (September)

Festival Layangan


Angin segar untuk para pecinta layangan, karena Malaysia akan mengadakan kembali festival layangan Borneo ini untuk ke 11 kali di tahun ini dan akan berlansung dari tanggal 28 September. Siapa yang tidak tahu mainan layangan ini. Mainan yang ‘jadul’ yang masih bertahan sampai saat ini mendapatkan ‘upgrade’ spesial di festival layangan Borneo, Malaysia ini. Di festival ini layangan tidak hanya diperlakukan sebagai mainan tapi juga sebagai sebuah karya seni yang indah.

Kamu akan melihat banyak layangan raksasa dengan desain yang unik dan indah menghiasi langit biru Borneo. Tidak hanya itu selama fetival ini berlansung akan ada juga pertunjukan kesenian tradisional Malaysia, dan akan ada banyak pedagang makanan tradisional Malaysia yang telah terkenal kelezatannya.

3. Festival Raja Ampat, Papua (Oktober)


Festival Raja Ampat

Balik lagi ke Papua, ada lagi nih festival kebudayaan di salah satu tempat wisata laut paling indah di dunia, Raja Ampat. Festival ini memiiliki rangkaian acara menarik ini akan bikin kamu betah lama-lama disana. Jadi kalau berencana mau ambil cuti panjang pada bulan Oktober, samakan saja lansung tanggal liburannya dengan festival Raja Ampat ini.

Acara-acara menarik yang akan nikmati adalah pertunjukan seni dan budaya, festival kuliner tradisional, pameran kerajinan, pesta kembang api dan bagi yang hobi fotografi, di festival ini juga diadakan lomba fotografi memotret keindahan bawah laut Raja Ampat. Selain itu kamu juga tetap bisa kok ikutan kegiatan berena dan snorkeling bareng dengan partisipan lainnya.

Acara utama dari festival ini adalah pertunjukan keterampilan berperahu tradisional yang telah menjadi warisan dari generasi ke generasi oleh masyarakat Papua. Festival ini di isukan akan dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober nanti. Jadi siap-siap nabung yah.

4. Loy Krathong & Yi Peng, Thailand (November)


Festival Yi Peng

Dibulan November ini ada 2 festival yang akan berlangsung di negara Thailand ini yaitu, Loy Krathong dan Yi Peng pada tanggal 23 November. Bingung mau pilih yang mana? Kedua festival ini sama-sama seru namun, cara merayakannya yang berbeda.

Lay Krathong adalah upacara keagamaan dimana orang-orang akan membuat sebuah sebuah dekorasi berbentuk seperti mahkota yang bisa mengapung untuk dilepaskan ke sungai, diberikan lilin yang menyala. Krathong ini terbuat dari daun pisang dan ditaburi bunga, atau kamu bisa membelinya kok di toko-toko yang menjual Krathong. Festival ini diadakan pada malam hari, bayangkan pemandangan sungai pada malam hari dihiasi oleh cahaya-cahaya kecil yang berasal dari lilin-lilin pada Krathong tentu menjadi pemandangan yang super romantis dan fotogenik sekali bukan?

Sedangkan Yi Peng adalah perayaan festival dengan menerbangkan berbagai lampion ke langit pada malam hari. Masyarakat Thailand akan mengucapkan harapan-harapan mereka sambil menerbangkan lampion ke langit. Dan setelah semua lampion terbang, kamu akan disajikan dengan pemandangan langit malam Thailand yang sangat indah karena telah dihiasi oleh ratusan lampion.

Tips tambahan, akan lebih seru jika kamu mengunjungi festival ini bersama dengan orang-orang terkasih, baik pacar, teman, saudara atau keluarga.

5. Krampusnacht, Austria (Desember)


Festival Krampusnacht

Dirayakan setiap tahun pada tanggal 5 Desember, festival ini disebut sebagai ‘pre-christmast’ party. Tapi di festival ini kamu jangan berharap akan disuguhkan oleh orang-orang yang memakai kostum santa dengan keretanya. Festival ini justru akan berisi dengan berbagai orang yang mengenakan kostum mengerikan dengan sebutan Krampus. Krampus adalah sebuah makhluk mitologi dengan wujud kepala kambing dan berbadan manusia.

Krampus juga disebut sebagai salah satu iblis dalam agama Nasrani. Nah, ini dia serunya, dijalanan di kota-kota besar di Austria akan ada banyak laki-laki dewasa yang berkostum sebagai Krampus sambil membawa sebuah tongkat kayu, dan akan menangkap dan memukul para anak nakal, agar mereka cepat menjadi baik dan bisa mendapatkan hadiah dari santa clause hari Natal nanti.

Karena keunikannya, festival ini pun telah banyak dirayakan di berbagai negara di Eropa bahkan Amerika Serikat pun ikutan menyelenggarakan festival ini. Seru dan sangat berbeda bukan?

SHARE ON FACEBOOK

JANGAN LEWATKAN

NEWS FEED