LIVENTV
kopi

Suka Kopi? Ini 7 Jenis Kopi yang Perlu Diketahui

Yanto Lifestyle Kuliner 10 hari lalu

Nusantaratv.com - Kedai kopi atau coffee shop menjadi salah satu tren yang berkembang pesat di Indonesia selama beberapa tahun belakangan ini. Tak lagi kaku atau mengusung kesan yang begitu klasik, kebanyakan coffee shop saat ini justru hadir dalam konsep modern yang lebih kekinian dan jauh dari kata membosankan. Bisa jadi, kamu adalah salah satu dari ribuan anak muda yang hobi nongkrong dan menghabiskan waktu di coffee shop.

 

Untuk kamu yang suka nongkrong dan menikmati segelas kopi panas atau dingin  di coffee shop, pastikan sudah memahami dengan baik istilah mengenai berbagai macam kopi yang biasanya disuguhkan di setiap coffee shop.

Hal ini tentu akan membuat kamu lebih familiar dan ingin mencicipi berbagai jenis minuman berkafein ini. Simak beberapa istilah mengenai kopi yang wajib kamu pahami dan akan sering kamu temui di coffee shop berikut ini:

1. Espresso


Espresso

Minuman kopi yang satu ini selalu hadir dalam cangkir berukuran mini yang biasa disebut espresso shot, sebab rasanya memang begitu pahit dan “berat”. Espresso merupakan ekstrak biji kopi yang diproses menggunakan sebuah mesin khusus, sehingga saripati kopinya terpisah dengan ampas kopi itu sendiri.

Sesaat setelah mengalami proses ini, espresso biasanya segera disajikan dalam cangkir kecil untuk bisa segera dinikmati. Kopi murni yang tidak menggunakan campuran ini biasanya akan digunakan sebagai bahan dasar untuk olahan jenis kopi lainnya yang menggunakan tambahan krim atau susu.

2. Americano


Americano

Minuman kopi yang satu ini merupakan olahan espresso yang paling dasar. Americano dibuat dengan menggunakan satu shot espresso yang dicampurkan dengan air panas saja, sehingga menghasilkan secangkir kopi yang lebih “ringan” dan rasanya pun tak terlalu pahit seperti espresso. Americano ini bisa menjadi pilihan yang tepat, bagi kamu yang menyukai kopi tanpa bahan tambahan lain, namun juga tidak ingin  kopi yang terlalu pahit.

3. Latte


Latte

Rasanya memang creamy dan memiliki tampilan yang menarik saat disajikan, membuat kopi yang satu ini menjadi salah satu yang paling banyak disukai. Latte merupakan olahan kopi yang dibuat dengan paduan espresso dan juga susu, di mana minuman ini memiliki kandungan susu yang lebih banyak daripada kopi.

Hal itu, jelas latte akan memiliki rasa dan aroma kopi yang tidak begitu dominan. Minuman yang satu ini juga sering hadir dalam tampilan yang biasanya dihiasi dengan latte art, yaitu berupa kreatifitas barista dalam menggambar pada permukaan kopi seperti gambar love, pohon, bunga, abstrak dan sebagainya.

4. Macchiato


Latte Macchiato

Jika latte memiliki kandungan espresso dalam jumlah yang kecil, maka jenis minuman yang satu ini hadir dalam takaran espresso yang lebih banyak lagi. Untuk menghasilkan secangkir macchiato yang nikmat, maka dibutuhkan komposisi kopi dan susu dengan jumlah perbandingan 4:1.

Ada dua jenis macchiato yang bisa dijadikan pilihan, yakni latte macchiato dan juga espresso macchiato. Bedanya, latte macchiato merupakan secangkir kopi yang dibuat dengan mamasukkan sedikit espresso ke dalam segelas susu, sedangkan espresso macchiato justru dihasilkan dengan segelas espresso yang ditambahkan sedikit saja susu.

5. Piccolo


Piccolo

Piccolo merupakan jenis latte yang disajikan dengan ristretto, di mana kopi ini mengalami proses ekstraksi espresso yang sangat baik, sehingga menghasilkan kopi yang nikmat. Jenis kopi yang satu ini hanya memiliki kadar asam rendah dan memberi sensasi rasa pahit dan manis yang berimbang.

6. Cold Brew


Cold Brew

Kopi unik ini diseduh tanpa menggunakan air panas. Cold brew hanya mengalami proses penyeduhan air dingin dengan suhu ruang selama beberapa jam, sehingga menghasilkan kopi dengan aroma dan sensasi rasa yang khas.

7. Affogato


Affogato

Minuman kopi unik yang satu ini, akan menjadi pilihan untuk kamu yang suka sensasi rasa tidak biasa di dalam secangkir kopi. Affogato merupakan secangkir kopi yang dibuat dengan menambahkan sesendok es krim vanila yang nikmat.

Untuk kamu yang suka hangout di coffee shop, mengetahui berbagai jenis kopi perlu diketahui. Hal ini akan memudahkan kamu saat memilih kopi yang sesuai dengan selera, sehingga kamu bisa menghabiskan waktu di sana dengan secangkir kopi yang nikmat.

SHARE ON FACEBOOK

JANGAN LEWATKAN

NEWS FEED